Jumat, 04 Mei 2012

Tips menghindari virus

virus? sangat menjengkelkan kalau kita sendiri yang mengalaminya .
nah pembaca, saya mau bagi-bagi sedikit tips tentang bagaimana menghindari virus.

1. gunakan antivirus yang selalu terupdate atau utility lainnya seperti Deepfreeze
ya, ini adalah cara classic. antivirus akan mendeteksi dengan otomatis jika ada virus. sedangkan deepfreeze, gunakan utility deepfreeze hanya untuk folder root ( C:\ ), jikalau drive lainnya terkena virus. anda hanya tinggal mem-format ulang saja. (jangan lupa mem-backup file-file penting sebelum mem-format ulang)



2. Jangan membuka e-mail attachment sembarangan tanpa tahu asal-usulnya
Jika menerima e-mail yang mengandung attachment dari seseorang yang tidak dikenal, langsung hapus saja. jangan dibuka!!! gunakan spam filters untuk membantu memblokir e-mail yang tidak diinginkan

3. browsing atau Download dari situs yang terpercaya
jangan asal browsing atau mendownload! terkadang situs-situs yang menyediakan penyimpanan data menyisipkan virus didalam filenya. saya sendiri punya temen suka buat virus. dan (maaf) aku mengajari dia untuk pake “icon changer” jadi, kalau mau buka file yang disimpan dalam bentuk winzip ato winrar. perhatikan ekstensi nya.. (kalo file-nya indo.3gp.exe jangan dibuka)

4. Banyak virus di warung internet
yah, ini tidak bisa di pungkiri. warnet paling banyak mengkoleksi virus. perhatikan drive-drive pada komputer di warnet tersebut. misalnya, coba klik kanan pada drive D:\ apakah muncul “autoplay” ??? jika iya, periksa file virus tersebut dengan membuka "tools", "folder option", “Show hidden files and folders”. klo bisa di hapus, hapus saja! tapi periksa dulu folder root-nya ( drive C:\ ) klo di drive C:\ juga terkena virus, anda saya persilahkan bayar billing dan mencoba warnet lain.

5. Update selalu file “hosts”
ya, ini sangat cocok yang suka download atau browsing dari situs-situs aneh?. karena dari situs inilah virus-virus terbaru muncul. download file hosts terbaru dan terupdate di http://hosts-file.net/?s=Download dan ganti/ replace file tersebut pada folder C:\Windows\System32\Drivers\Etc

terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar