Jumat, 04 Mei 2012

Device terdeteksi, tetapi tidak bisa sync ke iTunes

Masalah ini juga sering dialami oleh pemilik iDevice, seperti yang terjadi pada iPad. Pada saat menghubungkan iPhone, iPad atau iPod touch muncul pesan error seperti ini:
“iTunes cannot read the contents of the iPad “xxx’s iPad”. Go to the Summary tab in iPhone preferences and click Restore to restore this iPhone to the factory settings.
iTunes error
Akibat dari masalah diatas adalah:
  • iDevice tidak bisa melakukan sync apps, music, dan movies
  • iDevice hanya menampilkan Serial number & Software version saja, sedangkan data-datanya tidak bisa diakses
  • iDevice dipaksa untuk melakukan restore (jangan lakukan)
Penyebab masalah:
  • Sering menggunakan program tambahan selain iTunes untuk mentransfer music/ringtones. Perlu diketahui, iTunes dan program tambahan lainnya mempunyai cara yang berbeda dalam mentransfer music/ringtones ke iDevice, oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan program selain iTunes (kalau tidak terpaksa).
  • File database iTunes yang ada pada direktori iDevice mengalami corrupt. File database yang corrupt tsb mengakibatkan iDevice tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan iTunes (tidak bisa sync, restore, dll).
Cara mengatasinya:
  1. Pastikan Anda sudah menginstall iTunes terbaru.
  2. Download salah satu program berikut ini dari halaman Downloads:
    • iPhone Explorer
    • iPhoneBrowser
    • i-FunBox
    • PhoneDisk
  3. Setelah terdownload, jalankan programnya.
  4. Hubungkan iPhone/iPad/iPod touch yang bermasalah ke komputer, dan tunggu sampai direktori dari iPhone/iPad/iPod touch terbaca dengan baik. Tidak perlu jalankan iTunes
  5. Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/iTunes/ kemudian hapus file yang bernama iTunesDB (iTunesDB adalah file database iTunes). Anda bisa membackupnya terlebih dahulu sebelum menghapusnya (untuk jaga2).
  6. Sampai tahap ini iTunes tidak akan menampilkan pesan error lagi, tetapi semua music yang ada di iDevice Anda akan menghilang dari daftar iTunes. Walaupun menghilang tetapi sebenarnya filenya masih ada di iDevice, ini disebabkan karena databasenya sudah dihapus (iTunesDB).
  7. Karena file music di iDevice sudah menghilang dari iTunes, mau tidak mau kita juga harus menghapus file aslinya, yah setidaknya Anda bisa memasukkannya kembali kalau masalahnya sudah beres. Cara menghapusnya:
    • Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/Music
    • Hapus semua folder yang ada didalam folder Music tersebut.
  8. Selanjutnya cabut iDevice dari komputer lalu hubungkan kembali.
  9. Jalankan iTunes dan cek apakah iDevice Anda sudah bisa di sync kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar