Jumat, 04 Mei 2012

cara memburning data lewat brasero di ubuntu

File ISO biasanya dipakai untuk meng-arsip-kan isi dari sebuah CD/DVD (menjadi sebuah file berekstensi .iso). Dengan file ISO ini, kita bisa dengan mudah mendistribusikan isi CD/DVD kita untuk kemudian digandakan ke CD/DVD lain dengan program-program burner (Nero misalnya).
Nah, di Ubuntu, ternyata membuat file ISO seperti ini tidaklah susah, malah program yang dibutuhkan sudah ada pada kondisi default. Beda dengan Windows yang mengharuskan kita menginstall program tambahan untuk bisa membaua file ISO seperti ini. (Info: di Windows 7 sudah ada fitur bawaan untuk membuat file ISO -tanpa bantuan program tambahan-, baru di Windows 7 dimunculin fitur ini..).
Kembali ke Ubuntu, untuk membuat file ISO dari CD/DVD kita, kita bisa menggunakan program yang bernama Brasero. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk panduannya.Pertama, tentu saja masukkan CD yang akan dijadikan file ISO ke dalam CD/DVD Rom.
Buka program Brasero di Application > Sound & Video > Brasero Disc Burner
Di tampilan awal program, pilihlah menu Disc Copy.

Copy CD/DVD
Akan keluar jendela Copy CD/DVD yang bertuliskan label atau judul CD yang akan dijadikan file ISO nanti. Nah, kebetulan saya sedang meng-ISO-kan CD saya yang berlabelkan jQuery, seperti ini tapilannya.

Perhatikan Label CD + tipe file + lokasi penyimpanan..
Di bagian "Select a disc to write to", pilihlah "Image File", secara default file image yang dibuat ber-ekstensi .toc dan berada di folder home kita. Lho? kok formatnya .toc?
Nah, untuk mengganti lokasi penyimpanan file image dan mengganti format image dengan format yang kita inginkan (.ISO), klik tombol "Properties" di sebelahnya. Kemudian pilihlah format "ISO9660 File" pada bagian Disc image type. Setelah selesai klik tombol "Close".
Untuk bikin file ISO, ya pilih yang ISO.. :D
Untuk bikin file ISO, ya pilih yang ISO.. :D
Setelah itu, untuk memulai proses pembuatan image CD/DVD, klik tombol "Create Image".
Kemudian, tinggal menunggu proses, dan file ISO pun akan terbuat di lokasi yang kita tentukan tadi.

Mulai > Create Image..

Tunggu prosesnya...

Pembuatan file ISO sudah selesai..
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar